Our Feeds

Senin, 13 Februari 2012

cekinformasi

Google Chrome untuk Android

Google Chrome untuk Android mungkin memiliki banyak perbedaan dari versi desktop, tapi secara umum memiliki kesamaan fungsi sesuai dengan namanya. Chrome untuk Android adalah upgrade besar yang dilakukan terhadap browser reguler Android namun tidak semua hal berjalan sebagaimana tampilannya.
Untuk lebih jelasnya, mungkin kita akan coba melihat apa sajakah yang ada pada aplikasi Google Chrome untuk Android sehingga ia begitu berbeda dengan yang ditawarkan pada versi desktop?
Kanvas, DB Indexed, Web Sockets
Sejak Chrome untuk Android didasarkan pada Chrome 16, aplikasi ini sudah mendukung sebagian besar teknologi web modern yang bisa dinikmati pada versi desktop,  termasuk dukungan lanjutan untuk HTML5 seperti  dasar-dasar  video HTML5.
Ia menawarkan dukungan untuk kanvas, memungkinkan grafis 2D yang kuat. Dengan dukungan akselerasi hardware yang baik, maka konten kanvas bahkan bisa tampil cukup baik untuk digunakan.
Hal-hal seperti DB Indexed, WebWorkers dan Socket Web juga didukung oleh Chrome untuk Android, sehingga para pengembang tidak perlu khawatir tentang situs atau aplikasi mereka yang bekerja pada perangkat mobile.
Memang  saat ini, Chrome untuk Android hanya bekerja pada sekitar 1 persen dari perangkat Android yang ada di pasaran karena hanya bisa di jalankan dengan sistem “operasi Ice Cream Sandwich.”
Tidak tersedia WebGL
Pada rilis Chrome untuk Android,  belum mencakup WebGL, yaitu akselerasi perangkat keras untuk grafis 3D API. Hal ini mungkin dikarenakan WebGL membutuhkan akses langsung ke GPU serta banyak optimasi dan dukungan driver yang kokoh untuk bekerja.
V8 dioptimalkan untuk prosesor ARM
Membuat transisi ke versi mobile menggunakan V8 JavaScript engine, adalah salah satu yang tercepat. Ini telah dioptimalkan untuk prosesor ARM, jadi seharusnya dengan JavaScript  ini halaman yang berat dapat berjalan cukup mulus pada  aplikasi Chrome untuk Android.
Arsitektur Multi-proses
Arsitektur yang mendasari Chrome juga telah diperbarui, dimana aplikasi Chrome untuk Android adalah browser multi-proses mobile yang pertama.  Setiap Tab bisa berjalan dalam proses yang berbeda, seperti di versi desktop, sehingga gangguan atau kegagalan di satu tab hanya akan menurunkan proses itu, tetapi tidak seluruh browser.
Tidak ada sandboxing di Chrome untuk Android
Mungkin,  mendesain ulang fitur untuk Android merupakan tugas yang terbukti terlalu kompleks untuk tahap proses. Hal ini ditunjukkan dengan belum tersedianya layanan Sandboxing, tapi itu dapat ditambahkan pada tahap pengembangan berikutnya.
Saat ini Chrome untuk Android masih tersedia dalam versi beta dan merupakan salah satu yang sudah paling maju, atau boleh dikatakan sebagai salah satu browser mobile yang paling canggih.


by lucian BeritaNet.com

Subscribe to this Blog via Email :
Previous
Next Post »