Our Feeds

Rabu, 17 Juli 2013

cekinformasi

Membuat Jaringan Lan dengan paket tracer

Semangat Pagi team
Sebelum saya cuti saya mau membuat postingan pertama membuat network dengan paket tracer..
pada hari ini kita hanya membuat jaringan lan namun untuk koneksi nya bisa digunakan 6 user saja yang bisa berkomunikasi atau sama dengan6 IP untuk valid Host nya..
Peralatan yang dibutuhkan
1. satu buah switch
2. 6 komputer
3.kabel stright
Setelah itu hubungan kan semua perangkat membentuk satu toplogy .. itu terserah rekan sekalian
berikut gambar topology yang saya buat

Dan belum ada konfigurasi ip yang di lakukan..
Sekarang user kita hanya ada 6 orang jika ada user lain colokin kabel ke switch lebih dari 6 orang jika user nyalebih dari 6 orang maka user tersebut tidak bisa berkomunikasi ke lain nya.
ADA YANG TAU GAK PREFIX BERAPA DI GUNAKAN :).. ?
Baik saya menggunaka ip network 36.86.1.0/29 berarti sesuai subnetting yang dilakukan untuk prefix 29 kita mempunyai 8 ip dan berada di oktet ke 4. saya akan memberi contoh agar mudah melakukan subneting
sesuai artikel yang lalu saya akan mengulang sedikit
untuk mencari jumlah valid host kita harus mengetahui prefix (/0) berapa network kita  dan dari prefix tersebut kita dapatkan melalui host dan jumlah total host  akan membentuk  subnet mask


Terdapat 4 oktet dan saya hanya mencri 2 oktet saja 4 dan 3
Nilai itu didapat dengan kelipatan dari nilai paling kecil mulai dari kanan kekiri dan total bit yang di gunakan 32
Jadi Prefix 29 (/29) berada di OKTET 4 dan mempunyai host 8 host yang di dapat akan di kurangi 2 untuk alamat network dan brodcast
ip 8 - 2 = 6 valid host ( dikurang 2 untuk alamat broadcast dan network selajutnya)
jadi ip network 36.86.1.0/29 dapat kita bagi menjadi
ip 36.86.1.1 - 36.86.1.6  dan untuk 36.86.1.7 adalah alamat broadcast dan alamat network selanjutnya ada 36.86.1.8
oya untuk subnet mask tinggal tambahkan kelipatan digit bineri nya dari yang terbesar di setiap otlet
OK dari hasil perhitungan ip 36.86.1.0 /29 di dapat valid host nya
ip                             36.86.1.1
subnet mask       255.255.255.248
Gate way       karena hanya lan saja kita tidak perlu gate way

dan berikut hasil nya


DST....
Hasil ping sukses


Dan berikut hasil ping ke ip diatas vaid host apa bila user masukkan kabel lan ke port switch pasti tidak bisa berkomunikasi

Sekian artikel saya, artikel selanjutnya akan membahas tentang router cisco dan jaringan wan menggunakan router cisco
:) :)
dan membahas routing Statik
Terima KAsih

Subscribe to this Blog via Email :
Previous
Next Post »